Analisa Usaha Budidaya Lada
Umum

Analisa Usaha Budidaya Lada

Analisis bisnis budidaya lada

Analisa Usaha Budidaya Lada

taman kanak-kanak

Pada prinsipnya lada dapat diperbanyak secara vegetatif maupun generatif. Namun perbanyakan secara generatif umumnya tidak digunakan dalam budidaya karena musim tanam yang relatif lama, cabang yang lebih sedikit, tidak menjamin bahwa tanaman baru akan memiliki sifat yang sama dengan induknya, dan umur tanaman cenderung lebih pendek (Sutarno, 2001). .

Lada diperbanyak secara vegetatif dengan stek. Stek dapat menggunakan kedua jenis tanaman cabai yaitu tanaman rambat cabang/buah dan tanaman rambat panjat. Berikut ini adalah jenis-jenis stek pada tanaman lada berdasarkan Manual Budidaya Lada (BALITTRO, 2013):
Potongan panjang

Stek panjang diambil dari tanaman merambat, yang kemudian dipotong menjadi 5-7 buku. Selain itu, daun buku dipangkas sebagian. Kemudian rooting dilakukan dengan mencelupkan stek ke dalam tanah dan menutupinya dengan daun atau bahan lain untuk menciptakan kelembaban optimal selama 10-14 hari.

Mekanisme Pemotongan Panjang

Gambar 1. Mekanisme stek panjang

Baca juga: Budidaya Lada
Potongan pendek

Serupa dengan stek panjang, stek pendek juga menggunakan tanaman panjat sebagai bahan stek, hanya stek pendek hanya mengambil buku yang berdaun tunggal. Setelah stek dipotong, direndam dalam larutan gula (1-2%) atau 1 sendok makan dengan 5 liter air selama ± 1 jam.

Tanam stek buku dalam polibag yang sudah berisi tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 atau 2:1:1. Tutup polybag dengan plastik selama satu jam setiap pagi. Stek yang sudah memiliki 2-3 helai daun kemudian diikat dengan batang bambu di dalam polibagnya. Stek pendek siap ditanam setelah 5-7 hari.

Membuat Potongan Pendek

Gambar 2. Buat stek pendek
Potongan semak lada

Stek semak lada dapat menggunakan kedua jenis tanaman cabai yaitu tanaman merambat cabang/buah dan tanaman merambat yang dicabut titik tumbuhnya. Stek buah harus diletakkan melingkar dengan karet pada cabang untuk merangsang akar, kemudian dipotong dan ditempatkan dalam larutan gula 1 sendok makan dalam 5 liter air selama 1/2 – 1 jam sebelum benih dapat ditanam.

Sedangkan stek batang yang panjang langsung dimasukkan ke dalam larutan gula setelah titik tumbuh dipotong, kemudian ditanam di polibag dengan media yang dicampur pupuk kandang, kemudian ditutup rapat di persemaian. Setelah 10 helai daun, benih dapat ditanam.

Sumber :

Anda mungkin juga suka...