Teknologi

Cara Edit File PDF Tanpa Install Aplikasi Tambahan

Cara edit file PDF merupakan salah satu hal yang penting diketahui, khususnya bagi pelajar atau mahasiswa yang sering menggunakan file berformat PDF untuk mengumpulkan tugas. Untuk dapat melakukan pengeditan file berformat PDF, simak cara edit file PDF tanpa install aplikasi tambahan dalam artikel berikut.

Cara Edit File PDF di Laptop dengan Langkah Mudah

File berformat PDF dikenal sebagai salah satu format file yang paling banyak digunakan, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa atau bahkan karyawan perusahaan. Hal ini karena file format PDF sangat mudah digunakan dan dibagikan dalam berbagai platform.
Pengertian file format PDF disebutkan dalam buku berjudul Trik Praktis Ms Word untuk Menyusun Laporan Penelitian yang disusun Mochammad Faizal, ‎Mohamad Fikri Misbah (2016: 35) bahwa PDF (Portable Document Format) merupakan format dokumen yang sifatnya universal.
Cara Edit File PDF Tanpa Install Aplikasi Tambahan (1)

Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa dalam format file PDF, kita dapat menyertakan gambar, font, dan vektor dalam satu file PDF yang sifatnya cross platform file, yakni data dapat dibuka di berbagai perangkat tanpa perlu menggunakan software aslinya, sehingga file dapat dibuka tanpa error dan tidak mengubah format yang ada.
Bagi Anda yang ingin melakukan pengeditan atau mengubah dokumen berformat PDF, dapat melakukannya dengan perangkat laptop tanpa perlu install aplikasi tambahan. Anda cukup mengakses situs-situs penyedia layanan untuk melakukan edit file PDF.
Anda dapat menggunakan salah satu situs terpercaya untuk melakukan edit file berformat PDF antara lain seperti Pdfpro.co, smallPDF.com, EasePDF, ilovePDF dan PDF2go. Berikut ini adalah langkah dan cara edit file PDF secara online tanpa install aplikasi tambahan dengan mengakses situs Pdfpro.co:
  • Kunjungi situs Pdfpro.co pada browser Laptop Anda
  • Pilih opsi “Click to upload your file” kemudian pilih file berformat PDF yang ingin Anda edit.
  • Kemudian pada bagian “File name” Anda dapat langsung klik judul file PDF yang akan Anda edit.
  • Setelah itu, Anda dapat langsung memilih opsi “Edit” yang terletak di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya Anda dapat langsung melakukan edit dengan mengubah tulisan, memberi watermark, bahkan memberikan tanda tangan di dokumen berformat PDF milik Anda.
Sumber Artikel: https://bonline.id/
Dengan mengetahui bagaimana cara edit file PDF di laptop tersebut dapat Anda jadikan panduan untuk mengedit file berformat PDF yang Anda miliki.

Anda mungkin juga suka...