flagela-dan-silia
Pendidikan

Flagela dan Silia : Pengertian, Perbedaan Beserta Penjelasan

Definisi Flagela

flagela-dan-silia

Flagela ini merupakan filamen protein heliks yang memiliki panjang dan diameter yang sama, serta dimiliki oleh beberapa bakteri patogen yang dapat bergerak bebas dan cepat dalam gerakan renangnya. Flagela ini juga terdiri dari tiga bagian, yaitu filamen, pengait (pojok), dan juga badan basal (pangkal).

Basisnya tertanam di membran plasma, yang terdiri dari poros dan satu atau dua rangkaian cincin yang mengelilinginya. Serta yang terkait dengan membran plasma, peptidiglikan, serta bakteri Gram-negatif yang terkait dengan membran luar selubung sel.

Ukuran panjangnya kurang lebih 15 – 25 µm, meskipun ada juga yang mencapai 70 µm dengan diameter sampai 10 – 20 nµ. karena diameternya dibawah batas separasi mikroskop cahaya, maka untuk dapat melihat flagela ini harus dengan pewarnaan khusus. Sebuah flagel tunggal dapat mendorong sel dengan gerakan seperti cambuk.

Berdasarkan jumlah dan juga letak penempelannya, jenis flagela pada sel bakteri akan menunjukkan bentuk yang khas. Fungsi utama flagela pada bakteri ini adalah sebagai alat gerak. Serta flagela ini bukanlah alat pertahanan atau kelangsungan hidup.

Menurut lokasi dan jumlah yang ditemukan pada bakteri, flagela ini merupakan salah satu ciri yang digunakan dalam klasifikasi bakteri. Dalam hal ini bakteri diklasifikasikan menjadi lima kelompok, yang meliputi:

  1. Atrikh: toko roti tidak memiliki flagela.
  2. Monotrikh: bakteri memiliki satu flagela di salah satu ujungnya.
  3. Lofotrikh: bakteri yang memiliki dua atau lebih flagela di salah satu ujungnya.
  4. Amfitrik: bakteri memiliki satu atau lebih flagela di kedua ujungnya.
  5. Peritrikh: bakteri memiliki flagela yang ditemukan secara merata di seluruh tubuhnya.

Definisi Silia

Silia ini adalah benang tipis berukuran 0,25 µm dengan bundel mikrotubulus yang ada di intinya. Dinding silia ini terdiri dari 9 mokrotubulus subet. Dublet terdiri dari larik melingkar dan radier pada dua (2) singlet mikrotubular. Silia ini dapat / dapat ditemukan di beberapa invertebrata, misalnya Dugesia. Permukaan tubuh di bagian perut Dugesia mengandung silia yang berfungsi untuk gerak. Secara garis besar mekanisme pergerakan silia tersebut ada dua, yaitu tubulus ganda dan dua tubulus tunggal. Mereka terhubung satu sama lain oleh kompleks protein, yang menghubungkan silang ganda.

Fungsi silia ini adalah sebagai alat gerak, sebagai perampas makanan, sekaligus sebagai penerima rangsangan. Ada juga silia yang tumbuh merata di seluruh permukaan tubuh, tetapi ada juga yang tumbuh di bagian tubuh organisme tertentu.

Paramecium adalah salah satu protista mirip binatang, yang gerakannya menggetarkan silia dan mengapung di air. Cara menangkap makanan adalah dengan menggetarkan bulu-bulu pada silia.

Perbedaan antara Flagela dan Silia

Setelah memahami pengertian Flagela dan Silia, kita juga harus mengetahui perbedaan Flagela dan Silia, penjelasannya sebagai berikut:

  • Flagela ini hanya terdiri dari satu organisme dan terdapat banyak silia yang terdiri dari banyak organisme.
  • Silia juga berukuran lebih kecil untuk sementara dan flagela ini adalah struktur panjang seperti cambuk.
  • Silia menyerang ritme yang terkoordinasi, dan flagela menyerang secara independen.
  • Keduanya adalah organel lokomotif, dengan silia di paramoceioum, dan flagela di euglena.
  • Keduanya juga berbeda dalam hal sumber energi yang dibutuhkan sebagai tujuan penggeraknya.
  • Silia juga membantu dalam pergerakan sel melalui energi yang diperoleh dari molekul yang disebut kinesin.
  • Flagela ini mendapatkan energinya serta membran plasma.
  • Gerakan silia menyerupai sapuan dada perenang dan gerakan flagela ini terlihat seperti dayung.
  • Ada ujung sel pada flagela dan juga seluruh permukaan sel pada silia.
  • Flagela ini menunjukkan gerakan mereka, sedangkan silia ini bergerak dalam ritme yang terkoordinasi.
  • Flagela tersebar di Protozoa (kelas Flagellata), Coanocyte Sponges, Spermatozoa di Metazoa & tumbuhan (alga) dan sel kelamin dan untuk silia ini tersebar di Protozoa (Ciliate), epitel bersilia di Metazoa, larva
  • Platyhelmintes, Echinodermata, Molusca dan Annelida.
  • Silia ini bergerak maju dan mundur dengan ayunan bergantian, sedangkan flagela ini bergerak dalam gelombang yang mirip dengan ular yang menggerakkan selnya ke arah yang sama.

Demikian penjelasan tentang Flagela dan Silia: Pengertian, Perbedaan dan Penjelasannya, semoga yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber :

Anda mungkin juga suka...