Ideologi-komunisme-definisi-karakteristik-tujuan-contoh
Pendidikan

Ideologi komunisme: definisi, karakteristik, tujuan, contoh

Pahami ideologi komunisme
Buka baca cepat

Ideologi komunisme adalah pemahaman ideologis yang menekankan kesetaraan ekonomi melalui penghapusan kepemilikan pribadi. Ketika suatu negara menganut komunisme, tidak semua aset negara seperti tanah, perusahaan dll dapat dimiliki secara pribadi, semuanya menjadi milik negara dan keuntungan (kerugian) dibagi rata di antara masyarakat dalam ideologi ini menekankan bahwa semua orang adalah setara dan tidak memiliki kelas dan tidak ada bedanya. Artinya, suatu aset tidak dimiliki secara individu melainkan dimiliki bersama.
Fitur ideologi komunisme

Ideologi-komunisme-definisi-karakteristik-tujuan-contoh

Berikut adalah beberapa ciri dari ideologi komunisme, yaitu:

Negara dan hukum akan lenyap karena tidak lagi dibutuhkan.
Kekayaan alam dan berbagai alat produksi sepenuhnya menjadi milik pemerintah, dan kekayaan individu tidak diakui selain pakaian, furnitur, dan upah.
Sifat pemahaman ini adalah ateis, sehingga berperilaku logis dan tidak percaya pada keberadaan Tuhan, dan agama hanya dipandang berpengaruh sehingga ditolak oleh kaum komunis.
Semua yang menjadi milik rakyat adalah kekuasaan pemerintah. Jadi bisa dikatakan pemerintah adalah otoritas tertinggi dalam ideologi komunisme.
Hanya ada satu partai dalam sistem politiknya, yaitu Partai Komunis. Sehingga tidak ada pilihan selain ikut pesta. Jadi bisa dikatakan bahwa negara komunis tidak memiliki partai oposisi atau komunisme pada dasarnya tidak menghormati hak asasi manusia.
Kaum komunis akan berpikir bahwa keengganan harus dilakukan terus menerus agar mereka dapat menguasai dunia.
Cara Anda menyebarkan komunisme adalah memberantas kapitalisme melalui revolusi. Selama periode revolusioner ini, dibutuhkan pemerintah dan diktator untuk mencapai tujuan ini.
Rendahnya penghormatan terhadap manusia sebagai individu dibuktikan dengan ajaran yang tidak membolehkan siapapun untuk mengontrol alat produksi.
Komunis memiliki program untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, tanpa kelas, dan semua orang sederajat. Tetapi untuk mencapai ini ada fase kediktatoran proletariat yang bertugas membersihkan kelas dari komunisme. Terutama tuan tanah yang berkonflik dengan demokrasi.

Baca lebih lanjut: Lompat jauh

Nah setelah ciri-ciri tersebut dikenal dalam ideologi komunisme, maka ada pula sistem ekonomi yang dikembangkan oleh komunis, yaitu sebagai berikut:

Semua aspek industri yang dilakukan oleh negara, mulai dari penyediaan bahan baku hingga distribusi sepenuhnya diperhitungkan, sehingga tidak ada sistem pasar seperti itu di negara lain.
Perdagangan luar negeri diatur oleh kepala Komisaris Rakyat
Sistem transportasi darat, laut dan udara dimiliki oleh pemerintah
Kepemilikan alat-alat produksi individu dihapuskan dan satu-satunya yang menjadi milik pribadi adalah pakaian, furnitur dan upah
Sistem perdagangan dikelola oleh koperasi milik tokoh-tokoh berpengaruh di negara tersebut
Bidang ekonomi diatur oleh pemerintah sesuai dengan rencana yang disajikan
Individu tidak memiliki kebebasan untuk memilih jenis pekerjaan yang mereka inginkan karena semuanya diatur oleh pemerintah

Tujuan ideologi komunis

Beberapa tujuan ideologis komunisme adalah:

Mewujudkan manifesto kumis: rasa yang sama, bobot yang sama untuk dibawa, cahaya yang sama untuk dibawa.
Memberikan rasa keadilan hukum yang sama, memastikan distribusi kekayaan yang lebih adil
Menghilangkan perbedaan kelas sosial masyarakat atau doktrin yang mengajarkan pengertian negara dan ekonomi. Yang bertujuan menjadikan properti privat atau privat, industri dan bisnis secara keseluruhan menjadi milik negara.
Penghapusan kelas sosial dalam masyarakat, kelas pengusaha dan kelas pekerja.

Kekuatan dan Kerugian Ideologi Komunis

Berikut pro dan kontra dari ideologi komunisme, di antaranya:
Keuntungan dari ideologi komunis

Dengan pemahaman tersebut diyakini akan lebih mudah mengendalikan pengangguran, inflasi dan keburukan ekonomi yang telah terjadi. Karena dalam hal ini pemerintah memiliki kekuasaan penuh atas segala sesuatu.
Setiap orang memiliki kedudukan yang sama, sehingga tidak ada pihak yang merasa lebih unggul dari yang lain, sehingga tidak ada kecemburuan antar komunitas
Masalah ekonomi seperti krisis ekonomi

 

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/

Anda mungkin juga suka...