Makanan Khas Jakarta Terbaru 2022 Paling Enak
Umum

Makanan Khas Jakarta Terbaru 2022 Paling Enak

31 makanan khas baru dari Jakarta

Makanan Khas Jakarta Terbaru 2022 Paling Enak

Makanan khas Jakarta memiliki cita rasa yang sangat lezat. Ada beberapa menu yang saat ini sudah langka dan hanya tersedia di berbagai pameran seperti Jakarta Fair. Sayangnya, menu-menu langka tersebut justru memiliki cita rasa yang super nikmat.

Penasaran dengan aneka masakan di Jakarta. Mari kita lanjutkan eksplorasi rasa kita di bawah ini. Perlu diingat bahwa hampir semua menu yang ada di sini bisa mengacaukan atau bahkan merusak pola makan Anda saat ini, lho.

1. Soto Betawi
makanan khas jakarta paling enak
Foto: https://www.instagram.com/yscooking/

Makanan khas Jakarta yang pertama kali bisa kamu santap adalah Soto Betawi. Makanan ini memiliki rasa yang menyegarkan, apalagi jika dinikmati di pagi hari. Secara historis, menu ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang Tionghoa bernama Lie Boen Po yang memperkenalkannya pada tahun 1971.

Salah satu keistimewaan menu ini adalah penggunaan santan. untuk isiannya ditaburi daging sapi, tomat dan kentang goreng. Biasanya dengan nasi, cara penyajiannya dipisahkan. Daging yang digunakan juga sangat empuk. beberapa menggunakan jeroan.

Di Jakarta Anda bisa menemukan penjual soto ini di berbagai tempat. Bahkan ada yang sudah melegenda sejak tahun 1940 lho. Harganya sendiri tidak mahal, hanya 30.000 untuk satu porsi.
2. Soto Tangkar
makanan jakarta murah
Foto: https://www.instagram.com/karawangfoodnotes/

Menu lain yang bisa Anda nikmati di Jakarta adalah Soto Tangkar. Hampir mirip dengan Soto Betawi dengan daging, tomat dan irisan daun bawang.

Anda bisa menikmatinya dengan kuah kental di berbagai tempat di Jakarta. Harga per porsi mulai dari 20.000.
3. Kue cente manis
kue khas jakarta
Foto: https://www.instagram.com/dillabites/

Kue tradisional Jakarta ini memang cukup unik. Dengan tampilan cantik yang sesuai dengan namanya. Teksturnya lembut dengan rasa manis yang dihadirkan. Paling enak dinikmati di pagi hari. Jajanan pasar ini juga biasa dihidangkan saat ada yang merayakan.

Bahan dasar menu yang satu ini adalah tepung hunkwe. Daun suji, gula kelapa parut dan pewarna makanan. Lalu ada gula dan garam. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa membelinya di beberapa pasar tradisional di pagi hari. Harganya hanya mulai dari 5.000 saja.

Disarankan untuk langsung memakannya atau menyimpannya di lemari es dalam waktu sehari. Bahan yang menggunakan santan dan tanpa bahan pengawet membuat makanan ini tidak mudah basi.
4. Sayur Pepaya Godog Muda
makanan khas jakarta
Foto: https://www.instagram.com/withadebakes/

Menu yang satu ini menggunakan daun pepaya muda sebagai bahan utamanya. Ketika melihatnya, pasti akan mengira bahwa makanan ini adalah lodeh.

Hanya saja saat makan, ketupat yang digunakan bukan nais. Biasanya sayur ini ada saat musim lebaran tiba.
5. Asinan Betawi
acar betawi
Foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Camilan lain yang bisa Anda nikmati di Jakarta adalah asinannya dengan sayuran. Dan sausnya memiliki rasa asam dan pedas. Ada juga porsi dengan buah-buahan segar yang berbeda.
6. bandeng pesmol
bandeng putih
Foto: https://www.instagram.com/hobimasak.id/

Sajian ini menggunakan kuah kuning dengan rasa pedas dan gurih untuk menikmati sepotong bandeng segar.

Kuahnya menggunakan olahan bumbu acar kuning menggunakan ketumbar dan kencur sebagai ciri khas masakan Betawi. Biasanya makanan ini digunakan sebagai jamuan makan dan hajatan.
7. Dodol Betawi
dodol betawi
Foto: https://www.instagram.com/warungpadesuka/

Tidak hanya garut yang memiliki makanan dodol. Namun, Jakarta juga punya cita rasa yang tak kalah enak. Sayangnya, untuk menikmatinya, Anda harus sabar menunggu hajatan atau pesta lebaran datang.

Sumber :

Anda mungkin juga suka...