Pemanasan-global-definisi-penyebab-akibat-penanggulangan
Pendidikan

Pemanasan global: definisi, penyebab, akibat, penanggulangan

Pahami pemanasan global
Buka baca cepat

Pemanasan global (global warming) adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan yang terjadi akibat menipisnya lapisan ozon di atmosfer sehingga menyebabkan sinar matahari langsung dan intens menerpa permukaan bumi. Suhu rata-rata global di permukaan bumi telah meningkat sebesar 0,74 ± 0,18 ° C selama seratus tahun terakhir. Hal tersebut disebabkan oleh pemanasan global yaitu naiknya suhu udara akibat penggunaan bahan kimia dan penggundulan hutan.
Penyebab pemanasan global

Pemanasan-global-definisi-penyebab-akibat-penanggulangan

Berikut beberapa penyebab pemanasan global, di antaranya:

1. Efek rumah kaca

Penyebab efek rumah kaca adalah pengaruh panas yang dipantulkan ke permukaan bumi dan terperangkap oleh gas-gas di atmosfer sehingga terhenti dan tidak dapat lagi dikembalikan ke luar angkasa. Akibatnya panas dari sinar matahari dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Efek rumah kaca juga menawarkan manfaat bagi bumi dan makhluk hidup di bumi. Namun jika pemanasan global terlalu parah, akan berdampak buruk bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
Baca lebih lanjut: Masyarakat Politik adalah

2. Pencemaran bensin kendaraan

Akibat polusi kendaraan di seluruh dunia, hal ini berdampak signifikan pada pemanasan global karena kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak bumi seperti mobil, sepeda motor, dan kendaraan lain akibat pembuangannya menghasilkan gas karbondioksida yang berlebih. Sekarang gas karbondioksida ini berdampak besar pada pemanasan global karena karbondioksida merupakan gas yang memerangkap cahaya panas sehingga tidak bisa diarahkan kembali ke luar angkasa. Dampaknya tidak baik bagi kesehatan karena lingkungan yang mayoritas penduduknya tinggal di pinggir jalan sangat tercemar.

3. Pemborosan listrik

Pemborosan dalam konsumsi listrik dapat menyebabkan pemanasan global. Hal ini disebabkan adanya penguapan listrik saat listrik digunakan terlalu sering. Penggunaan listrik harus digunakan secara efisien sesuai kebutuhan agar tidak menimbulkan pemanasan global. Meskipun tidak terlalu berpengaruh, dapat meningkatkan gas karbondioksida sehingga pemanasan global berlangsung cepat. Tidaklah mengherankan jika kita telah melihat kampanye di TV atau di jalan yang bertujuan menghemat listrik di sepanjang jalan. Karena walaupun dampaknya kecil namun akan merugikan lingkungan dan merugikan dirinya sendiri sehingga mencemari lingkungan.
4. Kekurangan pohon

Kekurangan pohon dapat menyebabkan pemanasan global karena pohon juga dapat membantu mengatasi suhu panas dan menghirup karbondioksida yang menyebabkan pemanasan global. Pohon memiliki peran penting dalam lingkungan karena pohon mendinginkan lingkungan, mengurangi pencemaran, dan jauh dari pencemaran udara. Setelah menjelaskan penyebab pemanasan global. Kami juga akan membahas efek yang disebabkan oleh pemanasan global.
5. Pencemaran udara dari pabrik industri

Ada lebih banyak industri pabrik di Indonesia dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan oleh masing-masing orang. Semakin banyaknya pabrik industri yang berkembang menyebabkan kebocoran asap di pabrik-pabrik industri tersebut sehingga menimbulkan pencemaran udara yang mencemari lingkungan. Sehingga terjadi semakin banyak pemanasan global di bumi.
Baca lebih lanjut: Lengan

6. Penggunaan CFC yang tidak terkontrol

CFC adalah singkatan dari Cloro Four Carbon, penyebab pemanasan global yang masih bisa dikelola. CFC adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi bahan dan kemudian digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga. CFC biasanya ditemukan di lemari es dan AC, yang menyebabkan pemanasan global.
Efek pemanasan global

Di bawah ini adalah beberapa dampak pemanasan global, di antaranya:

Hal ini menyebabkan kekeringan terjadi karena kenaikan suhu yang menyebabkan penguapan air, dan menyebabkan penurunan curah hujan karena semakin sulitnya membentuk uap air. Akibatnya, banyak danau dan mata air yang mengering.
Kebakaran hutan meningkat.
Mencairnya lapisan es kutub dapat menyebabkan bongkahan gunung es keluar dari lapisan es ini dan menabrak kapal di laut. Selain itu, mencairnya lapisan es kutub juga membahayakan kelangsungan hidup hewan yang habitatnya berada di kutub, seperti. B. beruang kutub.
Gagal panen bagi petani akibat pemanasan global dapat menyebabkan panas berlebih, yang mengakibatkan petani menderita kekeringan dalam jangka waktu yang lama dan pada akhirnya memanen hasil padi petani secara masif.
Bisa layu tanaman l

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/

Anda mungkin juga suka...