Pengertian-gambar-media-bahan-alat-jenis-teknik
Pendidikan

Pengertian gambar: media, bahan, alat, jenis, teknik

Definisi menggambar
Baca cepat Buka

Menggambar adalah kegiatan untuk membentuk imajinasi melalui penggunaan berbagai teknik dan alat. Anda juga dapat membuat tanda tertentu di permukaan dengan memproses goresan dari alat menggambar. Pelakunya populer disebut sebagai draftsman atau juru gambar, yang merupakan bagian dari karya seniman. Menggambar sedikit berbeda dengan kegiatan melukis. Melukis dapat digambarkan sebagai tahap melengkapi gambar dengan pigmen yang ditambahkan dengan media cair dan diaplikasikan dengan kuas. Sementara menggambar lebih menekankan pada penggunaan garis dan komposisi, menggambar melibatkan upaya untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan pikiran, ide/gagasan, gejolak/perasaan, dan imajinasi dalam bentuk nilai seni dua dimensi melalui penggunaan garis dan warna. Dalam hal ini, menggambar mengutamakan kemudahan penggunaan, sedangkan melukis mengutamakan ekspresi. Seni menggambar adalah karya seni yang paling mudah dan cepat untuk dibuat, dengan goresan yang meninggalkan bekas di permukaan, seperti pensil di masa lalu untuk kertas atau benda tajam untuk dinding gua.

Pengertian-gambar-media-bahan-alat-jenis-teknik
media menggambar

Pensil grafit, pulpen, pensil warna, pensil warna, kuas tinta, pensil Konte, cat air, cat minyak, pastel, dan spidol sering digunakan. Ini juga dapat dilakukan dengan perangkat digital seperti pena, mouse, atau alat lain yang mencapai efek yang sama seperti perangkat manual. Kertas banyak digunakan sebagai media permukaan, tetapi media lain seperti kain, permukaan kayu, dinding, dan lain-lain juga dapat digunakan. Rautan pensil, amplas, penghapus khusus, kulit chamois, penggaris, larutan pengikat dan pita gambar khusus juga digunakan sebagai alat bantu untuk mencapai efek tertentu. Meja gambar digunakan untuk mengurangi distorsi dan kesalahan perspektif karena posisi mata yang tidak normal saat menggambar.

pensil

Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan cara menggoreskan grafit pada media. Namun, grafit murni cenderung mudah pecah, terlalu lunak, terlihat kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan menjadi kotor saat dipegang. Oleh karena itu, campuran grafit dan tanah liat dibuat untuk membuat komposisi lebih keras. Selain itu, komposisi campurannya dibungkus dengan kertas atau kayu.

pena

Pena adalah alat tulis yang menggunakan tinta. Tinta pena tersedia dalam berbagai warna, yang paling umum adalah biru, hitam, dan merah. Ada berbagai jenis pena, termasuk pena, pena bulu, dan spidol. Pena bolpoin berbeda dari pensil karena tinta tidak dapat dihapus, meskipun dapat ditutup dengan ujung anti ledakan.

Krayon

Krayon adalah alat menggambar yang terbuat dari lilin berwarna, air dan bedak atau kapur. Pensil warna banyak digunakan oleh anak-anak untuk menggambar, dan seniman juga menggunakannya.

cat air

Cat air atau yang populer dengan sebutan aquarelle adalah media melukis yang menggunakan pigmen dengan pelarut berbahan dasar air dengan sifat transparan. Meskipun media permukaan dapat bervariasi, kertas biasanya digunakan. Selain itu bisa juga papirus, plastik, kulit, kain, kayu atau kanvas. Secara umum, cat air digunakan untuk sifat transparansinya. Guas adalah sejenis media buram. Karya lukisan cat air biasanya sangat ekspresif atau, sebaliknya, sangat mengesankan, tergantung pada teknik yang digunakan.
Baca Selengkapnya: Wawasan Nusantara

Lukisan cat minyak

Cat minyak adalah cat yang terbuat dari partikel pigmen yang tersuspensi dalam media minyak.

pastel

Pastel, juga dikenal sebagai pastel minyak, adalah bubuk yang direkatkan dengan gom arab dan dibentuk menjadi batang yang rapuh. Jika Anda mengoleskannya pada selembar kertas yang cukup kasar, ikatannya akan putus dan bubuk berwarna akan menempel pada kertas.
Bahan dan alat menggambar

Anda harus mengetahui sifat / sifat media (alat dan bahan) untuk menggambar dan melukis dan mencoba membuat gambar dan lukisan dengan bahan dan alat berikut:

1. kertas

Berbagai jenis kertas dapat dipilih untuk menggambar, seperti kertas halus, kertas kasar, kertas penyerap, kertas tebal, kertas tipis, dll. Tidak semua kertas cocok untuk setiap alat. Terkadang kertas yang halus dipilih agar pulpen dapat meluncur dengan mudah, terkadang membutuhkan beberapa hambatan, maka dipilihlah kertas yang kasar. Ada tiga jenis dasar kertas termasuk:

Kertas matt seperti kertas stensil atau kertas koran untuk koran, kuartof

 

Lihat Juga :

https://student.blog.dinus.ac.id/handay/kurva-penawaran/
https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/kantor-ketenagakerjaan/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/definisi-indeks-harga/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/repeater-definisi/
http://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/definisi-literasi-keuangan/
https://linda134.student.unidar.ac.id/2021/07/modem-adalah-definisi-fungsi-jenis-mode.html
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/masalah-prioritas/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/07/05/terapi-aktivitas-kelompok/
http://blog.isi-dps.ac.id/nyomanyudiawan/menanam-wortel-sejarah-konten-varietas-kondisi/
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2021/07/04/trikoma-adalah/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/07/04/kurva-permintaan-elastisitas/
http://staff.unila.ac.id/siswantoro/investasi-adalah/
https://perpustakaan.unibabwi.ac.id/akuntansi-adalah-tujuan-fungsi-peran-prinsip-konsep/
https://blogs.itb.ac.id/blogbantuy/manajemen-proyek/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/wanita-sholehah/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/teks-eksplanasi/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/kegiatan-ekonomi/
http://firman.blog.unas.ac.id/iptek-adalah/
https://www.beritasatu.com/digital/105253/ini-cara-penggunaan-kelebihan-dan-kekurangan-whatsapp-web
https://www.wartaekonomi.co.id/read349016/guys-catat-baik-baik-ini-cara-login-dan-logout-wa-web-yang-paling-benar

Anda mungkin juga suka...