Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli
Umum

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

23 Pengertian ekonomi secara umum dan menurut pendapat para ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Memahami ekonomi umum
Pelajari arti bisnis secara umum Pelajari arti bisnis secara umum

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang kegiatan kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian ilmu ekonomi dapat didefinisikan dari berbagai sumber, baik kutipan ahli maupun sumber umum.
1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dikutip dari website KBBI, berikut ini adalah definisi dari kata ekonomi.

“eko.no.mi /ékonomi/ adalah ilmu tentang prinsip-prinsip produksi, distribusi, dan penggunaan barang dan kekayaan (seperti keuangan, industri, dan perdagangan).”
KBI online

Sementara itu, pengertian kata ekonomi di atas menghasilkan pengertian ekonomi menurut KBBI berikut ini.

Ekonomi adalah studi tentang pembuatan, penjualan, dan konsumsi produk. Selain itu, ilmu ini juga berhubungan dengan tenaga kerja, keuangan, dan pendanaan.

Menurut KBBI, ilmu ekonomi juga mengacu pada kaidah-kaidah kehidupan ekonomi suatu negara. Pengertian ekonomi mencakup segala kegiatan seperti aturan dan cara menjalankan suatu usaha (industri dan perdagangan).
2. Menurut ensiklopedia bahasa Indonesia Wikipedia

Pengertian ekonomi secara umum menurut Wikipedia adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia untuk memilah dan menciptakan kekayaan.

Pada hakikatnya kasus ekonomi timbul karena adanya diskontinuitas antara produk atau alat yang jumlahnya terbatas dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Itu menciptakan kelangkaan.

Dalam hal ini, untuk mencapai kekayaan yang diinginkan, orang akan melakukan kegiatan sosial seperti produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa.

Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani “oikos” yang berarti “rumah tangga atau keluarga” dan “nomos” yang berarti “hukum atau tata cara”. Jadi pengertian ekonomi adalah “housekeeping” atau “housekeeping”.

Jika masih kurang paham dengan penjelasan pengertian ilmu ekonomi di atas, coba simak penjelasannya dalam bentuk video di bawah ini.
Pengertian ilmu ekonomi menurut pendapat para ahli
Mempelajari pentingnya ilmu ekonomi berdasarkan pendapat ahli Mempelajari pentingnya ilmu ekonomi berdasarkan pendapat ahli

Selain pengertian umum, pengertian ilmu ekonomi juga dapat diadopsi oleh para ahli yang telah merumuskannya menurut pengamatan dan pemahamannya.

Para ahli berikut berasal dari Jerman dan luar negeri. Berikut ini adalah pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ekonomi adalah studi terstruktur tentang perilaku manusia. Ini mengacu pada mencoba mengalokasikan sumber daya yang terbatas atau tidak diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu dalam hidup.

Perlu Anda tekankan bahwa Adam Smith adalah salah satu pakar ekonomi politik sekaligus penggagas sistem ekonomi kapitalis pada abad 18 dan 19.

Ia menjadi terkenal dengan teorinya, yaitu teori keunggulan mutlak. Ekonomi masih terkait dengan pemeriksaan keadaan dan penyebab kekayaan suatu negara, katanya.
2. John Stuart Mill

John Stuart Mill menganggap ekonomi sebagai cabang ilmu praktis yang memahami pengeluaran dan akuntansi. Selain itu, ia juga berpendapat bahwa ekonomi adalah kegiatan memproduksi dan mendistribusikan kekayaan.

John Stuart Mill adalah seorang filsuf empiris terkenal di Inggris. Dia adalah putra seorang sejarawan bernama James Mill. John berperan penting dalam mereformasi utilitarianisme sosial di Inggris.
3. Aristoteles

Aristoteles berpendapat bahwa ilmu ekonomi dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu yang dapat diterapkan dalam dua cara, yaitu:

Pertama, lakukan segala sesuatu yang dekat dengan peluang
Kedua, melakukan apa saja yang dapat ditukar dengan barang.

Hal ini menghasilkan nilai guna dan nilai tukar sebagai hasil dari kegiatan ekonomi.
4. Muhammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, ilmu ekonomi adalah ilmu yang memahami proses pelaksanaan keadilan dan kesejahteraan sosial dalam masyarakat.

Mohammad Hatta adalah mantan wakil presiden pertama Indonesia dari tahun 1945 hingga 1956. Dia diberikan

Sumber :

Anda mungkin juga suka...